Belajar After Effect

Saya cuma ingin shar aza kepada teman2... :)
kemarin saya belajar menggunakan After Effect n alhasil ane bisa membuat efek seperti di film naruto (Kage bunshin dan Rasengan)...
ku sadar hasil na masi lum perfect tapi sebagai newbie ane senang bgt bisa membuat video macam ini...

Langsung aza gan lihat hasil na dibawah ini :









tag : After Effect CS4, Adobe After Effect, membuat efek rasengan di after effect, membuat kage bunshin di after effect, membuat clone di after effect, Shadow clone with after effect, zone teknologi.

Baca Selengkapnya...

Dipanegara Computer Club ( DCC )

VISI dan MISI Dipanegara Computer Club

Visi

Ikut menyukseskan proses belajar mengajar dikampus STMIK Dipanegara khususnya pada mata kuliah berbasis komputer, sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan dan keahlian Anggota DCC pada khususnya dan mahasiswa STMIK Dipanegara pada umumnya, dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan.

Misi

Menciptakan insan-insan informasi berintelektual yang dapat menjawab tantangan dalam dunia IT (Information Technology) serta dapat mempertanggung jawabkan keahlian dalam dunia komputer.


tag : DCC, Dipanegara Computer Club, UKM STMIK DP, UKM STMIK Dipanegara Makassar, STMIK Dipanegara, kampus STMIK dipanegara, universitas makassar, zone teknologi

Baca Selengkapnya...

Membuat Gambar Vektor

Sekedar ingin berbagi ni buat teman2 semua, inie ada beberapa hasil karya punya aq yg sempat ane buat, wlopun agak dikit brantakan tp smoga ga terlalu buruk di mata2 teman semua...
mohon di komentar y... masukan n kritikan teman2 adalah motivasi n guru yang baik buat ane yg lagi giat2 na belajar membuat gambar vektor...




tag : belajar membuat gambar vektor, membuat vektor dengan photoshop, membuat vektor dengan corel draw, membuat foto menjadi kartun, membuat vektor dari foto, koleksi gambar vektor, vektor art.

Baca Selengkapnya...

Mengganti Kursor Mouse di Flash

Kali ini kita akan membahas cara mengganti kursor/cursor mouse di flash. Seperti yang kita ketahui bersama biasanya kursor default pada komputer adalah berbentuk arah panah.

Namun di Adobe Flash anda dapat menggantinya sesuai dengan keinginan anda, semua file gambar dapat di import kok jadi gag usa hawatir, hanya dengan sedikit action script jadi dech mouse yang anda inginkan...

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Buka Program Adobe Flash anda, bila menggunakan Adobe Flash CS3 pilih Action Script 2.0.

1) Klik File > Import > Import to Library...


2) Pilihlah gambar yang akan di
jadikan kursor mouse lalu Open.

3) Drag gambar yang ada di jendela Library ke canvas.
Bila jendela library tidak muncul di window flash anda, anda cukup menekan Ctrl + L.


4)
Klik kanan pada Gambar lalu pilih Convert to Symbol....

5) Kotak dialog Convert to Symbol akan muncul, tuliskan sembarang nama pada bagian Name.
misalx : "dcc" lalu OK.
Lihat Gambar dibawah :


6) Klik gambar yang ada di canvas lalu tekan F9 untuk memunculkan window Action.

7) Copy Script dibawah ini ke dalam window Action.

onClipEvent
(enterFrame) {
//kursor mouse asli akan disembunyikan
Mouse.hide();
//mengganti kursor mouse dengan movieclip ini
startDrag(this, true);
}

Lihat Gambar dibawah :


8) Lihat Hasil kerja anda dengan menekan Ctrl+Enter.

9) Untuk menjadikan file SWF pilih File> Export> Export Movie jangan lupa Save as type (Flash Movie(*.swf)).

10). Semoga Berhasil...lihat hasilnya di bawah ini...



Back to HOME

Baca Selengkapnya...

Tukaran ID ooVoo yuk....!!!

Maap nie klo post kali ini ga berhubungan dengan ANIMASI FLASH...
langsung aza tanpa basa basi lagiii...
buat teman yg pux ID ooVoo share disini yuk...

Baca Selengkapnya...

Memasang Konektor RJ45 pada Kabel UTP

Hy guys...
sekarang ane mau shar cara memasang konektor RJ-45 pada kabel UTP ato kabel jaringan.

sebenarnya tutorial seperti ini uda sangat banyak dibahas, namun terkadang buat pemula (newbie) susah untuk memahami isi tutorialnya. Disini saya akan membantu anda terutama newbie untuk memasang konektor RJ-45 pada kabel UTP dengan muda, cukup melakukan langkah2 dibawah ini :


Step by step memasang Konektor RJ-45 pada kabel UTP :

Bahan dan Alat yang dibutuhkan :

1) Kabel UTP











(ane saranin beli yang merk Belden atau AMP)

2) Konektor RJ-45













( bagusnya Merk AMP )

3) Krimping













Crimping berguna untuk mengupas kulit kabel, memotong kabel dan mengeratkan konektor saat dipasang pada kabel UTP agar tidak lepas.

4) Kabel Tester














Kabel Tester berguna untuk mengecek kabel yang sudah terpasang konektor apa sudah berfungsi dengan baik ato tidak.

Aturan Pemasangan :

1) Kupas kulit kabel UTP dengan Tang Krimping, hati2 cara mengupasnya jangan sampe kena kabel yg ada didalam kulit kabel.












Setelah Kulit kabel dikupas hasilnya akan sperti gambar dibawah :












2) Susun warna kabel seprti gambar dibawah ini :

klo masi bingung ni ane tuliskan susunan warnanya, susun dari kiri ke kanan yahh...!!!

- Putih Orange
- Orange
- Putih Hijau
- Biru
- Putih Biru
- Hijau
- Putih Coklat
- Coklat


3) kalau warnanya uda sesuai gambar diatas maka anda tinggal luruskan saja kabelnya lalu ratakan ujungnya dengan tang krimping.





















4) kalau ujung kabel sudah diratakan sperti gambar diatas, tinngal memasang konektornya saja.
ambil konektor RJ-45, lihat gambar dibawah cara memegang konektor :













Perhatikan konektornya, pengunci konektor berada dibelakang.
bila pngunci konektor berada didepan segera sesuaikan seprti gambar diatas..!!!

5) Masukkan kabel ke dalam konektor. bila kabel uda masuk tekan2 sedikit agar ujung kabel menyentuh dengan pin yg ada di konektor



















6) Bila konektor sudah terpasang pada kabel, press konektor pake crimping, tekan smpe anda mndengar bunyi klik dan pemasangan pun selesai.














7) Anda tinggal mengulangi langkah2 di atas untuk pemasangan konektor ujung kabel yang satunya.

8) Setelah ke 2 ujung kabel sudah terpasang konektor saatnya anda melakukan tes signal dengan kabel tester, masukkan masing2 ujung kabel ke port yang ada di tester lalu nyalakan testernya dengan menggeser tombol on/off.














bila lampu indikatornya menyala berurutan dari 1 sampai 8, berarti anda telah berhasil membuat kabel straight tapi bila lampu indikator menyala tidak berurutan atau tidak menyala sama sekali berarti terjadi suatu kesalahan, cobalah ulangi lagi.

Kabel Straight biasanya digunakan saat komputer ingin disambungkan ke hub, hub ke modem, modem ke router mikrotik dll.

Sedangkan kabel Cross biasanya digunakan untuk menyambungkan komputer ke komputer.
berikut urutan warna kabel pada kabel Cross :














tag : Cara memasang kabel UTP, Cara memasang Konektor RJ45, Cara memasang Konektor RJ-45, cara membuat kabel straight, cara membuat kabel cross, memasang kabel UTP pada konektor

Baca Selengkapnya...

Definisi Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

* Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
* Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
* Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
[sunting] Klasifikasi

Berdasarkan skala :

* Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
* Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
* Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.

Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

* Client-server

Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

* Peer-to-peer

Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

* Topologi bus
* Topologi bintang
* Topologi cincin
* Topologi mesh
* Topologi pohon
* Topologi linier

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
* Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

* Jaringan terdistribusi

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
* Jaringan LAN

merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

* Jaringan MAN

Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

* Jaringan WAN

Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
* Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

* Jaringan Peer-to-peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

4. Berdasarkan media transmisi data
* Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

* Jaringan Nirkabel(WI-FI)

Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Sumber

tag : Arti Jaringan Komputer, pengertian Jaringan Komputer, Jaringan Komputer ialah, yang dimaksud Jaringan Komputer, Jaringan Komputer merupakan,

Baca Selengkapnya...

MENU PILIHAN

Open all | Close all

PageRank Blog

Click Iklan Ane Gan...!!!

DbClix

Banner Link

copy source ini di blog anda

Yahoo Messanger

Teriak Disini...!!!

Cari Blog Ini

Komentar Terbaru

Top Komentar

Pengikut Blog Ini

Profil Ku Tawwa...

Seorang anak yang terlahir di tanah bugis wajo yang sekarang ini menutut ilmu di STMIK dipanegara